Selasa, 06 Desember 2011

on Leave a Comment

LINUX

Pertama-tama, mari kita menengok kembali ke belakang, ke tahun 60-an. Ketika itu ukuran komputer masih sebesar rumah. Mesin hitung itu dioperasikan oleh orang-orang tertentu. Orang belum mengenal sistem operasi yang terstruktur dan dapat dipergunakan orang kebanyakan. Namun sekarang ini, begitu banyak sistem operasi yang ditawarkan kepada pengguna komputer. Sebutlah misalnya Windows, Mac OS, Linux, BSD dan sebagainya. Nah, mungkin anda berada diantara pengguna komputer rumahan dan umumnya akrab dengan sistem operasi windows. Tapi saat ini kita akan mencoba melihat dunia sistem operasi lain yang akhir-akhir ini mulai berkembang dan digemari, yakni Linux.

Linux merupakan turunan dari UNIX, sebuah sistem operasi yang boleh jadi merupakan sistem operasi pertama yang ada didunia ini. Sistem ini pertama kali diperkenalkan oleh seorang mahasiswa dari Helsinki University, Finlandia, pada tahun 1991, bernama Linus Torvalds. Saat itu usianya masih terhitung sangat muda.

Saat ini, dunia mencatat sudah lebih dari tujuh persen Personal Computer (PC) saat ini menggunakan linux. Angka ini merupakan perkiraan minimal, yang bisa jadi lebih dari itu. Kenyataan ini tentu saja menggembirakan penggemarnya, sebab dengan angka yang sudah cukup besar itu akan memperluas kesempatan penggunanya saling berbagi dan memanfaatkan fasilitas sistem operasi yang berasaskan Open Source itu.

Setelah kita melihat cukup besarnya pengguna linux, mari kita lihat apakah yang dapat dilakukan linux ? Pada prisnispnya hampir semua pekerjaan yang selama ini ditangani oleh sistem operasi tertentu dapat dilakukan dengan linux. Jadi, kekhawatiran sebagian pengguna komputer bahwa menggunakan linux berarti meninggalkan aktifitas seperti desain web, desain grafis, mendengar musik dan sebagainya sungguh tidak beralasan. Saat ini hampir semua pekerjaan yang biasa ditangani windows dan sistem operasi lainnya, dapat ditangani linux dengan baik. Software-software yang ada di windows dengan mudah dapat dijumpai di linux. Cobalah buka http://linuxshop.ru/linuxbegin/win-linux-soft-en/index.shtml, akan kita jumpai ekuivalen software di windows dan di linux.

Salah satu yang mengagumkan dari linux adalah kemampuannya menghadapi virus. Tidak dipungkiri lagi, linux telah membuktikan diri sebagai sistem operasi tahan virus. Sejauh ini tidak banyak dijumpai kasus virus berhasil menyerang linux.

Selain kelebihan diatas, ada hal lain yang menimbulkan decak kagum para pengguna sistem operasi lain, yakni keindahan tampilan dekstop linux. Desktopnya linux ditangani oleh sistem yang disebut desktop environment. Disini, user bebas memilih interface desktop yang diinginkan. Sebutlah nama KDE dan GNOME, maka pengguna linux pasti pernah merasa bagaimana indahnya tampilan kedua desktop tersebut, disamping kemudahan pengaturannya.

Dengan kelebihan yang sudah kita lihat, tentunya kita akan dihadapkan kepada pertanyaan, berapa biaya untuk mendapatkan itu semua? Jawabannya sangat diluar dugaan, dan ini lah kenyataannya: linux disebarkan secara gratis. Jika sanggup mendownload file instalasi linux dari situs-situs resmi linux, maka anda akan mendapatkan linux tanpa biaya sedikitpun. Berbeda jika membeli CD linux, biaya yang dikeluarkan hanyalah untuk mengganti ongkos pemaketan itu. Disinilah munculnya istilah "distribusi linux" (lazim disebut distro linux).

Perusahaan-perusahaan yang memaketkan linux memberi nama tersendiri untuk distribusi keluaran mereka, sebutlah misalnya distro linux Red Hat, Fedora dan Mandrake. Itu hanya tiga dari ribuan distribusi linux yang ada didunia ini. Bukalah google.com dan masukkan keyword "linux distribution", akan kita temui ribuan dsitribusi linux.

Sifat free linux ini pada akhirnya dimanfaatkan oleh perusahaan yang ingin menekan biaya investasi komputer mereka. Jika dibandingkan dengan windows, untuk sepuluh buah komputer, investasi untuk windows paling tidak kita akan mengeluarkan dana lebih dari 10 Juta. Sementara dengan linux, kita bisa menghemat biaya hingga kurang dari satu juta dan semua komputer perusahaan akan dapat menjalankan tugas seperti biasa.

Sayangnya, sebagian pengguna komputer mengaggap instalasi linux cukup rumit, benarkah? Jawabannya bisa ya dan tidak. Mungkin pada beberapa distro linux, proses instalasi cukup membuat lelah, tapi pada distro lain, proses instalasi hanya tinggal klik next-next-ok, lalu anda pun dapat menikmati linux. Sebagai catatan untuk anda, distribusi linux Mandarake, RedHat dan Fedora merupakan distribusi yang cukup mudah dalam proses instalasi.

Sekarang mari kita lihat apa yang perlu dipersiapkan untuk menggunakan linux? Jangan kaget, ketika komputer tua anda yang layak digudangkan, ternyata cukup mumpuni menjalankan linux. Linux tidak mensyaratkan spesifikasi komputer terbaru, walau pada kenyataannya semakin baru tentu semakin bagus kinerja linux. Jadi bersiap-siaplah membersihkan komputer tua anda untuk linux.

Setelah kita tahu betapa mudah dan ringannya memepergunakan Sistem operasi linux, tentu kita dihadapkan pada pertanyaan, dimanakah kita bisa mendapatkan distribusi linux? Di Indonesia, pengguna linux membentuk suatu komunitas dengan nama Kelompok Pengguna Linux Indonesia (KPLI) dan ditiap daerah terdapat komunitas ini, atau Daftar KPLI untuk mengetahui daftar KPLI di seluruh nusantara. Anda dapat menghubungi kelompok tersebut didaerah anda, yang paling gampang, membeli langsung di toko-toko software komputer. Selamat berlinux-ria.

(Zulkhaery Basrul/ Tulisan ini pernah di muat di Harian Medan Bisnis, Maret 2004)
Diperoleh dari "http://wiki.linux.or.id/Mari_mengenal_Linux"

0 komentar:

Posting Komentar

tidak akan ditampilkan jika kata-katanya mengandung unsur Penghinaan, Rasis, Pornografi.

offsetWidth); }